Tuesday, September 3, 2019

Adm. Sarana Prasarana (Pengertian, Fungsi, Contoh)

Sarana prasarana secara umum adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dan bahan untuk mencapai maksud dan tujuan dari suatu proses produksi. dan sedangkan prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya produksi.
Pengertian sarana dan prasarana menurut beberapa ahli yaitu : 
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia 
KBBI menyatakan bahwa Sarana adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud atau tujuan. Dan Prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses (usaha, pembangunan, proyek).
Menurut Moenir 
Moenir menyatakan bahwa pengertian sarana adalah segala jenis peralatan, perlengkapan kerja dan fasilitas yang berfungsi sebagai alat utama atau pembantu dalam pelaksanaan pekerjaan, dan juga dalam rangka kepentingan yang sedang berhubungan dengan organisasi kerja. Dari pengertian sarana yg di katakan Moenir tersebut jelas memberi petunjuk sarana dan prasarana merupakan seperangkat alat yang digunakan dalam suatu proses kegiatan baik alat tersebut. Adalah peralatan pembantu atau juga peralatan utama, dan kedua alat tersebut berfungsi untuk mewujudkan suatu tujuan yang ingin di capai.

Fungsi Sarana Dan Prasarana
Fungsi dari sarana dan prasarana dapat berbeda sesuai dengan ruang lingkup dan juga penggunaannya, misalkan saja sarana dan prasarana pendidikan berbeda dengan transportasi, wisata dan sebagainya. Tetapi mempunyai suatu tujuan yang sama yaitu tujuan untuk mencapai hasil yang di harapkan sesuai dengan rencana. Berikut adalah fungsi utama sarana dan prasarana, yaitu :
  • Dapat mempercepat proses pelaksanaan pekerjaan sehingga mampu menghemat waktu.
  • Serta meningkatkan produktivitas baik barang maupun jasa.
  • Hasil kerja lebih berkualitas serta terjamin.
  • Dapat lebih sederhana atau memudahkan dalam gerak para pengguna atau pelaku.
  • Membuat ketetapan susunan stabilitas pekerja lebih terjamin.
  • Dapat menimbulkan rasa kenyamanan bagi orang-orang yang berkepentingan.
  • Dan menimbulkan rasa puas pada orang-orang yang berkepentingan yang mempergunakannya.

 

Contoh Sarana Dan Prasarana
Beberapa contoh sarana dan prasarana yang ada di sekitar kita adalah sebagai berikut :
Di Kantor 
Berikut adalah beberapa sarana dan prasarana yang biasa di gunakan untuk membantu proses pekerjaan di kantor yaitu :
  • Seperangkat peralatan mesin. Yang merupakan peralatan yang membantu proses menyelesaikan pekerjaan di kantor, misalnya alat tersebut digunakan untuk mencatat, merekam, dan mengolah data-data. Dan sebagai contohnya yaitu komputer, mesin foto copy, printer, scaner, proyektor, mesin ketik, dan lain-lain.
  • Seluruh perabotan kantor. Suatu peralatan yang membantu dalam pelaksanaan proses pekerjaan di kantor. Dan contohnya adalah meja, kursi, dan papan tulis.
  • Kemudian peralatan atau perlengkapan lainnya. Yang merupakan bahan atau perlengkapan lain yang dapat menghasilkan sesuatu dari proses pekerjaan yang dilakukan. Dan contohnya yaitu kertas, dan buku untuk mencatat data-data.
Di Sekolah 
Berikut merupakan beberapa sarana dan prasarana yang dapat membantu proses belajar mengajar di sekolah yaitu :
  • Adanya ruang kelas. Ini berguna untuk prosses belajar dan mengajar.
  • Dan juga berguna untuk menyimpan dan membaca buku-buku materi mata pelajaran.
  • Terdapat fasilitas olah raga. Yang berguna untuk berolah raga bagi para siswa dan guru. Sebagai contohnya seperti bola voli, bola sepak, bola basket, dan lapangan tempat berolahraga.
  • Adanya ruang praktek. Ini berguna untuk siswa melakukan praktek mata pelajaran, misalnya laboratorium kimia maupun fisika, dan ruang praktek komputer.
  • Dan juga berguna sebagai tempat beribadah bagi para siswa dan guru yang muslim.

Sumber :
https://www.idpengertian.com/pengertian-sarana-dan-prasarana/

0 comments:

Post a Comment