Tuesday, September 3, 2019

Macam-Macam Pekerjaan Kantor

Berikut ini beberapa jenis-jenis pekerjaan kantor yang perlu Anda kuasai. Dengan melakukan pekerjaan kantor di bawah ini dengan baik maka secara tidak langsung Anda membantu pertumbuhan dan perkembangan kantor Anda. Semoga bermanfaat.




1. Mengumpulkan atau menghimpun
Jenis-jenis pekerjaan kantor yang pertama adalah mengumpulkan atau menghimpun yang berupa kegiatan mencari dan mengupayakan teredianya segala keterangan yang awalnya belum ada menjadi siap dipergunakan.
Contoh: mengumpulkan data, mencari informasi, dan sebagainya.

2. Mencatat
Jenis-jenis pekerjaan kantor yang kedua adalah mencatat, yaitu kegiatan membuat catatan yang berupa tulisan yang memiliki arti, dapat dikirim, dan disimpan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.
Contoh: membuat surat, mencatat kegaitan, membuat notula, dan lainnya.

3. Mengolah
Jenis-jenis pekerjaan kantor yang ketiga adalah mengolah, yaitu kegiatan mengerjakan keterangan dalam bentuk yang lebih berguna.
Contoh: membuat laporan tertulis, membuat rekapitulasi data, membuat laporan keuangan, dan sebagainya.

4. Menggandakan
Jenis-jenis pekerjaan kantor yang keempat adalah menggandakan, yaitu kegiatan memperbanyak bahan menggunakan alat atau cara sesuai jumlah yang dibutuhkan.
Contoh: menfotokopi surat, mencetak informasi dengan printer, dan sebagainya.

5. Mengirim
Jenis-jenis pekerjaan kantor yang kelima adalah mengirim, yaitu kegiatan menyampaikan informasi dengan cara atau alat dari satu pihak ke pihak yang lain.
Contoh: mengirim surat, mengirim email, mengirim faksimili, dan sebagainya.

6. Menyimpan
Jenis-jenis pekerjaan kantor yang keenam adalah menyimpan, yaitu kegiatan meletakkan bahan dengan berbagai cara atau alat di tempat tertentu secara sistematis dan aman.
Contoh: menyimpan surat atau arsip, menyimpan data atau informasi di komputer, menyimpan buku di perpustakaan, dan lainnya.

7. Melakukan komunikasi
Jenis-jenis pekerjaan kantor yang ketujuh adalah kegiatan melakukan pengiriman ide atau gagasan kepada pihak lain secara langsung atau menggunakan media sehingga mendapat respons dari penerima pesan.
Contoh: bertelepon, chatting, korespondensi, dan sebagainya.

8. Menghitung
Yang kedelapan adalah menghitung, yaitu kegiatan menetapkan data yang berkaitan dengan angka.
Contoh: menghitung keuntungan, menghitung data penjualan, dan sebagainya.

9. Pekerjaan lainnya
Pekerjaan kantor yang terakhir adalah melakukan pekerjaan lainnya, yaitu pekerjaan-pekerjaan kantor lainnya yang mendukung tugas utama perusahaan.
COntoh: menerima dan melayani tamu, mengkoordinir cleaning service, dan sebagainya.

Sumber :
http://zonakaya.com/jenis-jenis-pekerjaan-kantor/

0 comments:

Post a Comment