Sunday, September 1, 2019

Administrasi Perkantoran (Pengertian)

Hai guys. Disini saya akan memaparkan sedikit materi terkait dunia administrasi yang pernah saya dapatkan dulu ketika menempuh pendidikan di SMK ya Mohon maaf jika ada kesalahan, dan semoga bermanfaat buat kalian semua. Happy reading (:

ADMINISTRASI 
Kata administrasi berasal dari Bahasa latin yaitu Ad dan Ministrare. Ad berarti intensif dan ministrare berarti melayani, membantu, atau memenuhi. Dalam Bahasa Inggris disebut Administration yang berarti tata usaha, sementara menurut KBBI, administrasi adalah usaha dan kegiatan yang meliputi penetapan tujuan serta penetapan cara-cara penyelenggaraan pembinaan organisasi, usaha dan kegiatan yang berkaitan dengan penyelenggaraan kebijakan untuk mencapai tujuan ; keegiatan yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan ; kegiatan kantor dan tata usaha.
Dalam arti sempit administrasi adalah suatu kegiatan catat-mencatat, tulis-menulis, surat-menyurat, pembukuan, dan kegiatan lain yang bersifat teknis ketatausahaan. Dalam arti luas administrasi adalah kegiatan kerjasama yang dilakukan dua orang atau lebih berdasarkan pembagian kerja yang telah ditentukan dalam struktur organisasi dengan mendayagunakan sumber daya  yang ada untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
Dapat disimpulkan bahwa administrasi adalah segenap proses penyelenggaraan kegiatan tata usaha yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dalam kerjasama untuk mencapai tujuan Bersama. 

KANTOR
Kantor adalah balai (gedung,rumah,ruang) tempat mengurus suatu pekerjaan. Dapat disimpulkan bahwa kantor merupakan wadah atau tempat untuk sekelompok orang melakukan kegiatan tata usaha.

ADMINISTRASI PERKANTORAN
dibawah ini merupakan pengertian administrasi perkantoran dari beberapa ahli : 
William Spriegel dan Ernest Davies
Management kantor adalah pengerahan menyeluruh terhadap kegiatan-kegiatan seperti transportasi, manufakturing, pergudangan, dan penjualan.
George R Terry
Management kantor adalah perencanaan, pengorganisasian, pengoordiniran, dan pengawasan pekerjaan kantor serta pelaksanaannya untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. 
Arthur Granger
Management kantor adalah fungsi dari tata penyelenggara pelayanan komunikasi dan perekaman dari suatu organisasi. 
William Leffingwell dan Edwin Robinson
merupakan cabang ilmu manajemen yang berkenaan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran secara efisien, kapan, dan dimana pekerjaan itu harus dilakukan. 
Dra. Suparjati 
Administrasi perkantoran adalah proses kerja sma di dalam kantor untuk mencapai tujuan kantor yang telah ditetapkan sebelumnya dengan melaksanakan fungsi-fungsi manajemen. 
Kallaus & Keeling 
Administrative office is the process of planning, organizing adn controlling all the information related activities and of leading or directing people to attain teh objective of the organization

sumber :
http://admrointanxap.blogspot.com/2015/04/9-pengertian-administrasi-perkantoran.html

0 comments:

Post a Comment