Hai guys. Disini saya akan memaparkan
sedikit materi terkait dunia administrasi yang pernah saya dapatkan dulu
ketika menempuh pendidikan di SMK ya Mohon maaf jika ada kesalahan, dan
semoga bermanfaat buat kalian semua. Happy reading (:
Kata
administrasi berasal dari Bahasa latin yaitu Ad dan Ministrare. Ad
berarti intensif dan ministrare berarti melayani, membantu, atau
memenuhi. Dalam Bahasa Inggris disebut Administration yang berarti tata
usaha, sementara menurut KBBI, administrasi adalah usaha dan kegiatan
yang meliputi penetapan tujuan serta penetapan cara-cara penyelenggaraan
pembinaan organisasi, usaha dan kegiatan yang berkaitan dengan
penyelenggaraan kebijakan untuk mencapai tujuan ; keegiatan yang
berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan ; kegiatan kantor dan tata
usaha.
Dalam
arti sempit administrasi adalah suatu kegiatan catat-mencatat,
tulis-menulis, surat-menyurat, pembukuan, dan kegiatan lain yang
bersifat teknis ketatausahaan. Dalam arti luas administrasi adalah
kegiatan kerjasama yang dilakukan dua orang atau lebih berdasarkan
pembagian kerja yang telah ditentukan dalam struktur organisasi dengan
mendayagunakan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan secara
efektif dan efisien.
Dapat
disimpulkan bahwa administrasi adalah segenap proses penyelenggaraan
kegiatan tata usaha yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dalam
kerjasama untuk mencapai tujuan Bersama.
KANTOR
Kantor
adalah balai (gedung,rumah,ruang) tempat mengurus suatu pekerjaan.
Dapat disimpulkan bahwa kantor merupakan wadah atau tempat untuk
sekelompok orang melakukan kegiatan tata usaha.
ADMINISTRASI PERKANTORAN
dibawah ini merupakan pengertian administrasi perkantoran dari beberapa ahli :
William Spriegel dan Ernest Davies
Management
kantor adalah pengerahan menyeluruh terhadap kegiatan-kegiatan seperti
transportasi, manufakturing, pergudangan, dan penjualan.
George R Terry
Management
kantor adalah perencanaan, pengorganisasian, pengoordiniran, dan
pengawasan pekerjaan kantor serta pelaksanaannya untuk mencapai tujuan
yang telah ditentukan.
Arthur Granger
Arthur Granger
Management kantor adalah fungsi dari tata penyelenggara pelayanan komunikasi dan perekaman dari suatu organisasi.
William Leffingwell dan Edwin Robinson
William Leffingwell dan Edwin Robinson
merupakan cabang ilmu
manajemen yang berkenaan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran secara
efisien, kapan, dan dimana pekerjaan itu harus dilakukan.
Dra. Suparjati
Administrasi perkantoran adalah proses kerja sma di dalam kantor untuk mencapai tujuan kantor yang telah ditetapkan sebelumnya dengan melaksanakan fungsi-fungsi manajemen.
Dra. Suparjati
Administrasi perkantoran adalah proses kerja sma di dalam kantor untuk mencapai tujuan kantor yang telah ditetapkan sebelumnya dengan melaksanakan fungsi-fungsi manajemen.
Kallaus & Keeling
Administrative office is the process of planning, organizing adn controlling all the information related activities and of leading or directing people to attain teh objective of the organization
Administrative office is the process of planning, organizing adn controlling all the information related activities and of leading or directing people to attain teh objective of the organization
sumber :
http://admrointanxap.blogspot.com/2015/04/9-pengertian-administrasi-perkantoran.html
0 comments:
Post a Comment